Sabtu, 17 April 2021

TIPS CARA MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR DENGAN BENAR

TIPS CARA MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR DENGAN BENAR

TIPS CARA MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR DENGAN BENAR



Bagi bunda yang mungkin baru memiliki anak pertama, mungkin akan terasa deg-degan sata harus memandikan sang bayi untuk pertama kalinya. Tapi sebenarnya proses memandikan bayi tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh setiap ibu, walaupun akan memerlukan waktu beberapa kali untuk menguasainya. Proses memandikan bayi bisa menjadi pengalaman menyenangkan yang bisa mempererat hubungan seorang ibu dengan bayinya.


Dengan persiapan yang matang serta ketelatenan, proses memandikan bayi untuk pertama kalinya pasti bisa bunda lewati dengan mudah dan menyenangkan tanpa harus merasa gugup dan khawatir. Berikut ini beberapa tips dan cara agar proses memandikan si kecil bisa menyenangkan bagi sang ibu maupun bayi.


Perlu diingat, proses memandikan bayi pun jangan terlalu lama, cukup sekitar 5 sampai 10 menit. Mandi gangat baik bagi si kecil, karena bisa menghilangkan kotoran dati kulit bayi, tapi bila terlalu lama bisa menyebabkan minyak alami pada kulit bayi berkurang.


Dalam memandikan bayi, pertama pilihlah waktu yang tepat untuk memandikan bayi, dan pastikan kondisi tubuh bayi sedang tidak berkeringat, agar sang bayi terhindar dari masuk angin.. Hindari juga memandikan bayi setelah si kecil menyusu atau makan. Lebih baik menunggu beberapa saat sampai perut si kecil menyesuaikan asupan yang baru saja masuk.


Kemudian siapkan semua peralatan bayi yang dibutuhkan untuk proses memandikan bayi, seperti handuk, sabun dan sampo bayi, waslap, krim bayi, minyak telon, minyak kelapa murni (VCO), pakaian bersih, dan lain lain.


Cebok dan bersihkan terlebih dahulu bayi dari kotoran. Anda dapat menggunakan tisu basah atau kapas yang dibasahkan. Keringkan dengan tisu.


Setelah selesai dibersihkan dari kotoran, buka baju dengan perlahan. Si kecil siap untuk dimandikan. Siapkan air hangat, Pastikan suhu air tidak terlalu panas ataupun dingin. Menggunakan air hangat sangat penting dalam memandikan bayi. Karena air hangat dapat memberi rasa nyaman dan juga menjaga agar suhu air dan suhu tubuh bayi kurang lebih sama, sehingga bayi tidak kedinginan atau kepanasan. Usap wajah dan kepala dengan menggunakan air secara perlahan. Lanjutkan dengan badan dan anggota tubuh yang lainnya. Mandikan bayi dengan menggunakan sabun bayi. Jangan lewatkan lipatan di leher, tangan, selangkangan, dan paha. Biasanya pada bagian lipatan lipatan tersebut keringat dan kotoran menumpuk. Jangan lupa untuk keramas bayi anda. Hati hati, jangan sampai sampo mengenai mata si kecil. Jangan lupa untuk membersihkan punggung bayi. Kemudian bersihkan pula bagian bawah atau pantat. Kemudian bilas tubuh bayi dengan menggunakan air bersih.


Siapkan handuk di dada anda untuk mengeringkan dan menggendong bayi. Kemudian bawa bayi dengan hati hati. Peralatan perawatan bayi sehari-hari harus diletakkan dalam satu kotak kecil, agar tidak tercecer, sehingga saat akan memandikan kembali tidak kesulitan menyiapkannya.


Setelah tubuh bayi kering, oleskan minyak kelapa murni (VCO) atau krim bayi pada lipatan lipatan dan selangkangan agar kulit bayi tidak lecet. Oleskan pula minyak telon untuk menjaga agar tubuh bayi tetap hangat, dan juga terlindungi dari nyamuk. Setelah itu pakailah pakaian bersih yang sudah disiapkan.


Setelah mengenakan pakaian, oleskan lotion rambut bayi. Kemudian gunakan parfum khusus untuk bayi. Selesai, bayi pun bersih dan wangi.


Sekian tips dan cara memandikan bayi baru lahir. Mudah-mudahan tips diatas bisa bermanfaat dan membantu para bunda dalam proses memandikan bayi. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANAK STEP

 ANAK STEP Pertolongan Pertama Jika Anak Step Dan Kejang - Apakah saat ini anak bunda sedang terkena step atau kejang? bagi bunda yang saat ...