Makanan Selingan Balita PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 30 November 1999 07:00

Pada usia balita juga membutuhkan gizi seimbang yaitu makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai umur. Makanan seimbang pada usia ini perlu diterapkan karena akan mempengaruhi kualitas pada usia dewasa sampai lanjut.

Gizi makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan termasuk pertumbuhan sel otak sehingga dapat tumbuh optimal dan cerdas, untuk ini makanan perlu diperhatikan keseimbangan gizinya sejak janin melalui makanan ibu hamil. Pertum-buhan sel otak akan berhenti pada usia 3-4 tahun.

Pemberian makanan balita sebaiknya beraneka ragam, menggunakan makanan yang telah dikenalkan sejak bayi usia enam bulan yang telah diterima oleh bayi, dan dikembangkan lagi dengan bahan makanan sesuai makanan keluarga.

Pembentukan pola makan perlu diterapkan sesuai pola makan keluarga. Peranan orangtua sangat dibutuhkan untuk membentuk perilaku makan yang sehat. Seorang ibu dalam hal ini harus mengetahui, mau, dan mampu menerapkan makan yang seimbang atau sehat dalam keluarga karena anak akan meniru perilaku makan dari orangtua dan orang-orang di sekelilingnya dalam keluarga.

Makanan selingan tidak kalah pentingnya yang diberikan pada jam di antara makan pokoknya. Makanan selingan dapat membantu jika anak tidak cukup menerima porsi makan karena anak susah makan. Namun, pemberian yang berlebihan pada makanan selingan pun tidak baik karena akan mengganggu nafsu makannya.

Jenis makanan selingan yang baik adalah yang mengandung zat gizi lengkap yaitu sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, seperti arem-arem nasi isi daging sayuran, tahu isi daging sayuran, roti isi ragout ayam sayuran, piza, dan lain-lain

Fungsi makanan selingan adalah

  1. Memperkenalkan aneka jenis bahan makanan yang terdapat dalam bahan makanan selingan.
  2. Melengkapi zat-zat gizi yang mungkin kurang dalam makanan utamanya (pagi, siang dan malam).
  3. Mengisi kekurangan kalori akibat banyaknya aktivitas anak pada usia balita.

Makanan selingan yang baik dibuat sendiri di rumah sehingga sangat higienis dibandingkan jika dibeli di luar rumah.

Bila terpaksa membeli, sebaiknya dipilih tempat yang bersih dan dipilih yang lengkap gizi, jangan hanya sumber karbohidrat saja seperti hanya mengandung gula saja. Makanan ini jika diberikan terus-menerus sangat berbahaya. Jika sejak kecil hanya senang yang manis-manis saja maka kebiasaan ini akan dibawa sampai dewasa dan risiko mendapat kegemukan menjadi meningkat. Kegemukan merupakan faktor risiko pada usia yang relatif muda dapat terserang penyakit tertentu.

Cake Wortel Keju

Untuk : 20 buah
1 buah : 176 kalori

Bahan:

  • 150 gr margarin
  • 180 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • 10 btr kuning telur
  • 6 btr putih telur
  • 100 gr wortel parut
  • 100 gr keju parut
  • 1 bks kaldu instan

Cara Membuat:

  1. Mixer gula dan margarin hingga kental, masukkan kuning telur, mixer hingga rata, masukkan tepung terigu, kaldu instan, dan keju, aduk rata.
  2. Sementara itu kocok putih telur hingga kaku, campur dengan adonan di atas, aduk rata.
  3. Masukkan wortel parut, siapkan 9 buah cetakan bentuk ikan yang telah diolesi margarin, tuang adonan ke dalam masing-masing cetakan dan panggang dalam temperatur 180 derajat Celcius selama 30 menit, angkat.
  4. Hidangkan.

Nugget Ikan

Untuk : 10 porsi
1 porsi : 127 kalori

Bahan:

  • 250 gr ikan kakap
  • 2 lbr roti tawar
  • 2 btr telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Sedikit pala
  • Sedikit thyme (jika suka)
  • 2 btr putih telur
  • Tepung panir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Blender ikan, roti tawar dan telur, angkat.
  2. Masukkan semua bumbu, aduk rata.
  3. Ambil loyang, minyaki terlebih dulu, alasi dengan kertas roti lalu tuang adonan dan kukus selama lebih kurang 30 menit, angkat.
  4. Setelah dingin dipotong-potong seperti bentuk jari atau bentuk binatang (sesuai selera) kemudian dipanir lalu celup ke putih telur dan dipanir lagi, setelah itu goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan, angkat.
  5. Hidangkan.

 



Artikel Terkait:
Menu untuk Balita yang Sedang Sakit
PENYAKIT balita secara umum biasanya adalah gejala panas, diare, batuk, muntah. Tindakan terbaik adalah berkonsultasi ke dokter supaya lekas...
Cara Gampang Merawat Kulit Bayi dan Balita
Berbagai gangguan kulit pada bayi dan balita seperti biang keringat, eksim popok, dan eksim susu sebenarnya bisa diatasi bila orang tua rajin menjaga...
Kiat Memberi Obat Balita
Anda yang sudah pernah memiliki bayi tentu merasakan betapa repotnya memberi obat si buah hati. Bayi tak bisa meminumnya langsung gleg seperti orang...
Merawat Gigi dan Mulut Balita dan Anak
Perawatan gigi dan mulut pada masa balita dan anak ternyata cukup menentukan kesehatan gigi dan mulut mereka pada tingkatan usia selanjutnya....


Artikel Paling Banyak Dibaca:
Resep Makanan Bayi Umur 6-12 Bulan
1. PUDING ROTI APEL BAHAN : 150 gr apel, cuci belah empat dan buang bagian tengahnya 75 gr roti tawar buang tepinya dan iris kecil 50 ml...
Tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata
Berapa berat dan tinggi ideal anak Anda? Berikut adalah tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata  untuk anak berumur 0 - 5 tahun, tanpa membedakan...
Diare pada Bayi
Diare Infeksius adalah suatu keadaan dimana anak sering buang air besar dengan tinja yang encer sebagai akibat dari suatu infeksi. PENYEBAB...
Menu Makanan Anak Usia 1-2 Tahun (12-24 Bulan)
Pada prinsipnya, begitu anak menginjak usia 1 tahun, dia sudah dapat mengkonsumsi makanan yang istilahnya ...
Rumus untuk Menghitung Berat Badan Ideal
Ternyata, rumus untuk menghitung berat badan ideal telah ada sejak lebih dari seabad lalu. Rumus berat badan ideal yang pertama dibuat oleh seorang...

Trackback(0)
Komentar (20)add comment
0
Marrie: ...
ma kasih ya resepnya..aku mau langsung buat ah..
selama ini aku mencari resep yg mudah diikuti utk memberi anak cemilan yg sehat..jauh dari added sugar yg ada di produk jajanan anak2 yg skrg banyak beredar di pasaran..
1

Mei 27, 2011
Voting: +0
0
noor: ...
lebih baik menjaga daripada mengobati..jadi gak pa2 kita repot sedikit bikin cemilan untuk anak,yang penting anak sehat dan bebas dari makanan yang mengandung added sugar..
2

Mei 27, 2011
Voting: +0
0
minnie: ...
wah,kalau makanan olahan banyak mengandung zat2 yg kurang baik bagi tubuh..lebih baik banyak makan sayur n buah2an + minum air putih aja deh..
3

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
lisna: ...
tambahin lagi donk resepnya..biar makin banyak variasi yang bisa dikasi ke anak2..
daripada anak2 jajan yg gak karuan..yg isinya banyak added sugar nya.. smilies/sad.gif
4

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
lizy: ...
ini nih bunda..nama lain dari jenis2 gula di label2 jajanan :

brown sugar
corn sweetener
corn syrup
dextrose
fructose
fruit juice concentrates
glucose
high-fructose corn syrup
honey
invert sugar
lactose
maltose
malt syrup
molasses
raw sugar
sucrose
sugar
syrup

welehhhh.. ini sih banyak banget yahhhh..
intinya gula smua yah..
kudu ati2 nih brarti..
jangan sampe makanan yang dimakan malah mengandung gula smua dan malah over.. >.
5

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
tatan: ...
@Alexaadict
walah.. banyak banget nama2 gula tambahan itu..
mulai sekarang jadi kudu hati2 kalau milih2 makanan atua minuman nih... >.
6

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
rey: ...
boleh nih resepnya..
dari pada anakku makan diluar yang gak jelas kandungannya apa.. smilies/cheesy.gif
7

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
Winnie: ...
aku jg baru denger tuh soal added sugar... ternyata bahayanya buat masas depan anak yaaa... hati2 yuk bunda...
8

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
Rere: ...
lumayan nih resep baruuu buat ganti2 menu anakku... abis jaman sekarang susah sih cari2 makanan sehat kalo bukan bikin sndiri.. thx yaaa
9

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
bimbim: ...
kalo saya sudah biasain anak ga jajan di luar makan makanan yg d masak d rumah lbh aman kan ... bisa tau gizinya
10

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
ceumaya: ...
yg paling bener kita masak sendiri yah mom.. supaya tau apa aja isinya jd tenang kan
11

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
vinavina: ...
iya bun harus hati2 yah sekarang pilih2 makanan takut salah pilih makanan yg byk pengawet dan added sugarnya ,apalagi buat anak ya mom
12

Mei 26, 2011
Voting: +0
aya shania
aya shania: ...
gula tambahan ternyata serem juga dan berbahaya duhh hrs hati hati nie kl makan
13

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
ussy: ...
bagus nih resepnya buat cemilan anak2..daripada jajanan yg ada di pasaran skrg..banyak yang memakai pemanis tambahan/added sugar,jadi bisa bikin anak obesitas dan diabetes,kalau dikonsumsi berlebih..
14

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
TingTing: ...
wah kebetulan nemu resep nugget nih. jadinya bisa buat nugget sendiri di rumah deh.
klo beli yg udah jadi kan byk bhn pengawetnya yah.

jadi lebih baik buat sendiri aja yukkk
15

Mei 26, 2011
Voting: +0
Rennie S.
Rennie S.: ...
Gula tambahan menawarkan rasa manis dengan sedikit atau tanpa manfaat nutrisi. Saat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari gula tambahan daripada kalori dari gula alami yang kaya nutrisi, berarti Anda telah menukar kesehatan Anda.
16

Mei 26, 2011
Voting: +0
yuanita
yuanita: ...
Bagus baget infonya, thx ya...
Harus repot dikit ni untuk buatin makanan sehat,drpd anak jajan di luar
17

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
AlexaAdict: ...
ini nih bunda..nama lain dari jenis2 gula di label2 jajanan :

brown sugar
corn sweetener
corn syrup
dextrose
fructose
fruit juice concentrates
glucose
high-fructose corn syrup
honey
invert sugar
lactose
maltose
malt syrup
molasses
raw sugar
sucrose
sugar
syrup
18

Mei 26, 2011
Voting: +0
0
ViniVidiVici: ...
wah, terimakasih buat resepnya...kbetulan lagi butuh resep makanan bernutrisi nih.
apalagi jajanan sekarang makin beragam macamnya..jadinya semakin membingungkan + aku gak begitu tahu arti tulisan2nya ^^
19

Mei 26, 2011
Voting: +0
aya shania
aya shania: ...
iya kita hrs pandai memilih makanan yg bernutrisi bagi balita kita .....
20

Mei 26, 2011
Voting: +0

Tulis komentar

security image
Write the displayed characters


busy
 
Balita-Anda Online
Panduan Orangtua yang Cerdas, Kreatif dan Inovatif dalam Merawat dan Mendidik Bayi / Balita

 

Balita-Anda

Milis Balita-Anda

untuk bergabung dengan milis Balita-Anda silakan kirim email kosong ke:
balita-anda-subscribe@balita-anda.com

Kalender Kesuburan

Silakan pilih hari pertama periode terakhir masa menstruasi Anda:

- -

Lama Siklus

Link Bermanfaat


d’BC Network
Sambil jaga anak, sambil dandan, sambil masak, sambil berbisnis via internet.
Hanya di d’BC Network



Sentra Tiket
Pemesanan tiket pesawat online. Kami jamin harga yang Anda dapatkan adalah yang terendah pada saat Anda transaksi. Silakan hubungi kami di Sentra Tiket atau Telp/SMS ke 081268199665 atau hubungi Webmaster Balita-Anda


Sponsor

Login Anggota

Sign in with Facebook
0 users and 59 guests online
     
    
Home Fatherhood Makanan Selingan Balita
    
     
Banner