Membersihkan Alat Kelamin Bayi PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 10 November 2009 07:38

bayiPernahkan anda mengamati bokong bayi anda. Kulit bayi sangat sensitif dan gampang iritasi. Bagian lipatan seperti bokong dan sekitar alat kelamin menjadi bagian yang nyaman untuk tumbuh kembang bakteri.

Membersihkan alat kelamin dan area sekitarnya pada tiap kali mengganti popok adalah tindakan bijaksana. Selain dapat menghindari kulit merah dan gatal di bokong, juga menjaga kebersihan alat kelamin. Tips berikut dapat membantu Anda.

  • Selalu cuci tangan Anda lebih dulu sebelum mengganti popoknya. Letakkan si kecil di tempat tidurnya, lalu gulung bagian bawah bajunya hingga ke dada.
  • Sebelum membuka popoknya, alasi bagian bawah dengan tisu sekali pakai yang cukup lebar dan tebal. Khusus si Buyung, biasanya akan kembali pipis sesaat Anda membuka popoknya. Tunggu beberapa saat sampai ia pipis lagi, baru buka popoknya.
  • Bersihkan bagian yang kotor dengan tisu lembut. Sebelumnya, selalu sediakan tempat sampah di dekat kaki Anda sehingga Anda bisa langsung membuang kapas itu setelah usai gunakan. Jangan letakkan sisa-sisa tisu/kapas di dekat si kecil.
  • Setelah kotoran dibersihkan, ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat, lalu bersihkan lagi bagian itu.
  • Kemudian ambil kapas bersih dan basahi dengan air hangat atau baby lotion. Usapkan mulai dari bagian pusar menuju pangkal paha bagian dalam dan luar.

TAMBAHAN UNTUK BAYI PEREMPUAN
Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, usapkan di daerah sekitar vagina. Mulai dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya.

Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion. Pegang kedua kaki si kecil, angkat. Bersihkan area sekitar vagina dan anus. Selalu dimulai dari bagian belakang lalu ke arah depan, untuk menghindari bakteri yang terdapat di sekitar anus menuju vagina. Bersihkan hanya di daerah bibir vagina. Jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.

Setelah itu, dengan tisu lembut yang kering, bersihkan lagi daerah pantat, paha, dan panggul. Lalu, singkirkan alasnya.

Bersihkan daerah di lipatan-lipatan paha dengan tisu lembut yang kering.

Sekali lagi, usap lembut dengan tisu bersih, daerah yang akan ditutup popok hingga mengering betul. Biarkan si kecil tanpa popok untuk beberapa saat agar bagian bawah tubuhnya terkena udara.

Akhirnya, usapkan lotion di bagian luar vagina dan anus. Juga di lipatan-lipatan paha bagian dalam. Setelah itu baru si kecil dipakaikan popok yang baru.

TAMBAHAN UNTUK BAYI LELAKI
Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat atau baby lotion untuk membersihkan buah zakar (testicles) dan daerah sekitarnya.

Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya dan penisnya.

Sekali lagi bersihkan daerah penis dan testicles untuk membersihkan air seni yang tersisa. Usap lembut daerah yang kulitnya sangat sensitif ini.

Sekarang bersihkan bagian anus dengan cara mengangkat kedua kaki si kecil. Juga bersihkan lipatan-lipatan di sekitar anus. Setelah bersih, angkat alasnya.

Bersihkan sekali lagi daerah yang akan ditutup popok. Biarkan si Buyung beberapa saat tanpa popok. Untuk menghindari air seni yang ke mana-mana bila ia pipis lagi, tempelkan tisu yang tebal di penisnya.

Sebelum memakai popok bersih, oleskan lotion di daerah atas dan bawah penis, tapi bukan di batangnya; sekitar testicles, daerah anus dan pantat.

(Stumbleupon)

http://www.balita-anda.com



Artikel Terkait:
Herpes Genitalis dan bayi Cacat
Menepuk air di dulang, tepercik muka sendiri. Karena itu dapat dimaklumi betapa sulitnya menemukan seseorang yang secara dini mau mengakui dirinya...
Bayi Laki-laki atau Perempuan ada Kiatnya
Secara ilmiah, penentuan jenis kelamin calon bayi sangat dipengaruhi oleh jenis kromosom yang berhasil menjangkau sel telur. Bila kromosom X yang...
Cara Gampang Merawat Kulit Bayi dan Balita
Berbagai gangguan kulit pada bayi dan balita seperti biang keringat, eksim popok, dan eksim susu sebenarnya bisa diatasi bila orang tua rajin menjaga...
Mengapa nafas bayi berbunyi?
Hampir 80% anak-anak yang menderita asma menunjukkan beberapa gejala alergi di awal-awal kelahiran mereka. Namun demikian tidak selalu alergi...
Aneka Penyebab Bayi Sesak Nafas
Banyak penyebab sesak napas pada bayi. Yang jelas, segera bawa ke dokter atau rumah sakit karena bisa fatal akibatnya. Kasus sesak napas pada usia...


Artikel Paling Banyak Dibaca:
Resep Makanan Bayi Umur 6-12 Bulan
1. PUDING ROTI APEL BAHAN : 150 gr apel, cuci belah empat dan buang bagian tengahnya 75 gr roti tawar buang tepinya dan iris kecil 50 ml...
Tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata
Berapa berat dan tinggi ideal anak Anda? Berikut adalah tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata  untuk anak berumur 0 - 5 tahun, tanpa membedakan...
Menu Makanan Anak Usia 1-2 Tahun (12-24 Bulan)
Pada prinsipnya, begitu anak menginjak usia 1 tahun, dia sudah dapat mengkonsumsi makanan yang istilahnya ...
Diare pada Bayi
Diare Infeksius adalah suatu keadaan dimana anak sering buang air besar dengan tinja yang encer sebagai akibat dari suatu infeksi. PENYEBAB...
Rumus untuk Menghitung Berat Badan Ideal
Ternyata, rumus untuk menghitung berat badan ideal telah ada sejak lebih dari seabad lalu. Rumus berat badan ideal yang pertama dibuat oleh seorang...

Trackback(0)
Komentar (0)add comment

Tulis komentar

security image
Write the displayed characters


busy
 
Balita-Anda Online
Panduan Orangtua yang Cerdas, Kreatif dan Inovatif dalam Merawat dan Mendidik Bayi / Balita

 

Balita-Anda

Milis Balita-Anda

untuk bergabung dengan milis Balita-Anda silakan kirim email kosong ke:
balita-anda-subscribe@balita-anda.com

Kalender Kesuburan

Silakan pilih hari pertama periode terakhir masa menstruasi Anda:

- -

Lama Siklus

Link Bermanfaat


d’BC Network
Sambil jaga anak, sambil dandan, sambil masak, sambil berbisnis via internet.
Hanya di d’BC Network



Sentra Tiket
Pemesanan tiket pesawat online. Kami jamin harga yang Anda dapatkan adalah yang terendah pada saat Anda transaksi. Silakan hubungi kami di Sentra Tiket atau Telp/SMS ke 081268199665 atau hubungi Webmaster Balita-Anda


Sponsor

Login Anggota

Sign in with Facebook
0 users and 56 guests online
     
    
Home Ensiklopedia Balita Membersihkan Alat Kelamin Bayi
    
     
Banner